Cara Membuat USB Bootable dengan UUI

AKUndroid - Holla la holaa..!! Oke, kali ini saya akan berbagi sedikit pengalaman saya tentang Bootable. Untuk pengertiannya silahkan googling aja. Di sini saya akan menggunakan software portable UUI ( Universal USB Installer ) karena judulnya Cara Membuat  USB Bootable dengan UUI. Jadi, kita hanya bisa menggunakan USB drive (flashdisk) dan tidak bisa menggunakan CD/DVD karena software ini hanya diperuntukkan device yang bernama USB drive ( flashdisk).



Nah sebelum memulai eksekusi sebaiknya seiakan alat dan bahannya terlebih dahulu dan berikut ini adalah alat dan bahan yang diperlukan :

1. Satu buah USB Drive atau Falshdisk dengan kapasitas memori minimum 4 GB
2. Laptop / PC
3. Software UUI
Dan berikut ini adalah langkah-langkah Membuat  USB Bootable dengan UUI :

1. Buka aplikasi UUI dengan cara double klik pada aplikasi (portable).

2. Pilih “Agree” untuk menyetujui undang-undang lisensi.

3. Memilih Ubuntu pada Step 1 karena Step 1 diisi vendor/distro yang akan diinstall dan dalam hal ini adalah Ubuntu.

4. Mencari path ISO di laptop/computer kita dengan cara klik Browse lalu cari di mana letak ISO Ubuntu yang akan diinstall lalu pilih Open.
 5. Step 3 diisi dengan nama drive yang akan kita jadikan bootable, jangan sampai salah jika anda menancapkan lebih dari 1 flashdisk ke computer/laptop anda.

6. Pada tulisan Format harus dicentang agar drive diformat terlebih dahulu sebelum dijadikan bootable, hal ini bermaksud agar tidak terjadi crash antara file non-bootable dengan file bootable.
7. Pop-up yang muncul setelah anda meng-klik “Create” adalah sebagai konfirmasi pemformatan drive yang akan anda jadikan sebagai bootable.
8. Proses akan berjalan agak lama karena file yang dipindahkan pun juga banyak. Jadi mohon sabar menunggu dan jangan di paksa berhenti karena itu akan menggagalkan proses.

 9. Jika sudah selesai maka tombol yang aktif hanya “close” saja. Jadi pilih saja “Close” lalu eject flashdisk


10. Flashdisk bootable siap digunakan.


Untuk software bisa download melalui link di bawah ini :

Nah mungkin sekian dulu dari saya, Semoga artikel dengan judul Cara Membuat  USB Bootable dengan UUI ini bisa bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa tinggalkan jejak Anda di kolom komentar. Terimakasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »