Versi-versi Android OS


Versi Android 

Versi Android selalu mengalami penyempurnaan layaknya sistem operasi lainnya. Uniknya versi-versi pada sistem operasi ini diberi nama yang sama dengan nama-nama makanan penutup yang diurutkan berdasarkan abjad.

Kategori

Sistem operasi Android terbagi menjadi dua kategori yaitu Pre-commercial Release dan  Commercial Release Version. Kebanyakan orang memang tidak tahu menahu akan hal ini. Bahkan banyak pengguna yang hanya mengenal sedikit versi saja dari keseluruhan versi Android yang ada. Berikut sedikit ulasan tentang kedua kategori di atas.

Pre-commercial Release (2007-2008)
Kenapa harus ada Pre-commercial Release? Apa jadinya jika menjual produk yang belum sempurna? itu akan menentukan masa depan produk. Jadi versi ini adalah tahap koreksi diri atau bisa juga disebut uji kelayakan. Di sisi lain jika Android menggunakan urutan abjad untuk nama-nama pada versinya maka harus ada A dan B sedangkan A sudah digunakan oleh Apple dan B digunakan BlackBerry (dimana keduanya juga nama makanan).

Android.Apple.Pie(versi 1.0)
Inilah tetua dari versi-versi Android yang ada saat ini, versi Alpha ini dirilis sekitar bulan November 2007 oleh Google dan OHA. Pada versi ini masih menggunkan layar ukuran 320×480 HVGA dan versi ini pertama dicoba oleh vendor HTC. Versi Alpha rilis memiliki beberapa codename yaitu : Astro Boy, Bender dan R2-D2

Android Banana Bread (versi 1.1)
Setelah versi Alpha tentunya muncul versi Beta dan versi Beta dirilis pada 5 November 2007, sedangkan software development kit (SDK) telah dirilis pada 12 November 2007. Oleh karena itu tanggal November 5 kemudian dirayakan sebagai hari “ulang kelahiran” atau “ulang tahun”. 

Commercial Release Version

                                                    
Android Cupcake (versi 1.5)
Cupcake adalah kue kecil yang dipanggang dalam cetakan berbentuk cup. Android 1.5 Cupcake dirilis 30 April 2009. Karena suatu alasan , Google melakukan revisi terhadap versi ini sehingga yang seharusnya versi 1.2 menjadi versi 1.5.










Android Donut (versi 1.6)
Donut adalah makanan berbentuk cincin. Bulat dan tengahnya berlubang. Orang Indonesia sering menyebutnya donat. Android V1.6, codename Donut, dirilis pada 15 September 2009. Pada versi ini banyak dilakukan berbaikan seperti  kesalahan reboot, perubahan vitur foto dan video serta integrasi pencarian yang lebih baik.




Android Eclair (versi 2.0/2.1)
Eclair adalah makanan penutup yakni kue yang biasanya berbentuk persegi panjang yang dibuat dengan krim di tengah dan lapisan cokelat di atasnya. Android 2.0/2.1 Eclair Dirilis 26 Oktober 2009.






Android  Froyo (2.2)
Froyo adalah yoghurt yang telah mengalami proses pendinginan, sehingga secara terlihat sama seperti es krim (Froyo = Frozen yoghurt). Dirilis 20 Mei 2010. 









                                            
Android  Gingerbread (versi 2.3)
Ginngerbeard adalah salah satu jenis kue kering dengan rasa jahe yang biasanya dibuat pada perayaan libur akhir tahuh di Amerika. Versi 2.3 Gingerbeard dirilis resmi tanggal 6 December 2010.  Pada versi inilah Android mulai mendunia dikarenakan sudah terpasang pada berbagai vedor ternama dan harganya tidak terlalu melambung.







                                                   
Android  Honeycomb (versi 3.0)
Honeycomb adalah sereal yang  terbuat dari potongan jagung berbentuk sarang lebah dengan rasa madu (Honeycomb = sarang lebah). Dirilis tanggal 22 February 2011. Entah kenapa versi ini jarang dikenal dan terkesan kalah sensasi dengan versi sebelumnya.






Android Ice Cream Sandwich (versi 4.0)
Ice cream sandwich adalah lapisan es krim, biasanya rasa vanila yang terjepit di antara dua kue cokelat, dan biasanya berbentuk persegi panjang
. Android  4.0–4.0.2 API lever 14 dan  4.0.3–4.0.4 API level 15 pertama dirilis 19 Oktober 2011. Di versi ini sudah banyak peningkatan dan perbaikan sehingga sudah banyak digemari.

                                                 




Android  Jelly Bean (versi 4.1)
Jelly Bean nama untuk sejenis permen dalam beraneka macam rasa buah. Ukurannya sebesar kacang merah. Permen ini keras di luar tapi lunak di dalam serta lengket bila digigit . Android Jelly Bean diluncurkan pertama pada Juli 2012, dengan berbasis Linux kernel 3.0.31. Terdiri dari Android 4.1  API level 16, Android 4.2  API level 17, Android 4.3  API level 18.  Versi ini terbilang paling populer diantara versi-versi lainnya karena banyak sekali vendor yang mendapat giliran untuk memakai versi ini. Di sisi lain versi ini memiliki tampilan lebih menarik dari yang sebelum-sebelumnya jadi wajar jika menjadi primadona.

                                   
Android  KitKat (versi 4.4)
Kitkat merupakan merk sebuah cokelat yang dikeluarkan Nestle. Android 4.4 KitKat API level 19. Google mengumumkan Android 4.4 KitKat (dinamai dengan izin dari Nestle dan Hershey) pada 3 September 2013, dengan tanggal rilis 31 Oktober 2013. Pada versi ini Android sudah berada di puncak pasar gadget sehingga versi ini lebih menigkatkan viturnya seperti konsumsi daya yang lebih sedikit, menggunakan resolusi HD dan lain-lain.






Android Lollipop (versi 5.0)
Android 5.0 Lollipop atau yang sebelumnya disebut dengan Android L secara resmi telah diumumkan sebagai versi terbaru sistem operasi Android. Lollipop ini diklaim sebagai update terbesar sistem operasi Android sepanjang sejarah, tak heran penerus KitKat ini mengusung perubahan yang signifikan. Google telah menyematkan sejumlah fitur baru pada sistem operasi Android 5.0 Lollipop seperti ART runtime yang menggantikan Dalvik, Project Volta dan UI Material.  Android 5.0 Lollipop ini juga telah mendukung arsitektur 64-bit yang memungkinkan perangkat dapat menggunakan memori RAM lebih dari 4GB. Jadi  smartphone dengan Android versi ini sudah setara dengan Netbook, Laptop, dan PC. Bahkan ada juga yang melebihi spesifikasi Netbook, Laptop, dan PC.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »